9 Tanda Ini Mengartikan Kalau Liver mu Bermasalah .

TONYASIA – Gejala liver bisa diketahui dengan kamu memperhatikan perubahan yang terjadi pada tubuh . Liver atau hati adalah organ paling besar dalam tubuh yang mempunyai banyak fungsi .

Salah satu fungsi dari organ hati atau liver yakni mengganti sel tubuh yang rusak atau hilang . Tapi , jika sel-selnya hilang maka liver tidak dapat memenuhi kebutuhan tubuh dengan baik .

Untuk itu , kesehatan liver harus terjaga karena begitu banyak dan penting fungsinya bagi tubuh . Ada banyak penyakit liver diantaranya sirosis hati , hepatitis , kanker hati dan lainnya .

Penyebab penyakit liver yang paling sering adalah karena infeksi virus . Supaya kamu mengetahui kalau organ liver bermasalah , sebaiknya ketahui lah beberapa gejala di bawah ini .

1. Sering merasakan kram atau sakit di perut

Organ hati atau liver terletak di bagian dada sebelah kanan di atas perut . Saat terganggu , bagian itu akan merasakan kram dan sakit .

Gejala ini bisa berulang bahkan semakin parah jika tidak segera mendapatkan penanganan .

2. Sembelit

Karena proses produksi empedu terhambat bisa menimbulkan sembelit atau susah BAB .

Jika sembelit biasa pasti lebih banyak makan makanan berserat dan minum obat pencahar akan sembuh .

Tapi , kalau organ liver bermasalah , sembelit berlangsung sampai beberapa minggu .

3. Nafsu makan berkurang

Satu diantara fungsi liver yakni menghasilkan empedu yang bertugas untuk memecah sari-sari makanan serta menimbulkan perasaan lapar .

Kalau hati bermasalah , tentu produksi empedu terbatas menyebabkan metabolisme lambat dan memunculkan rasa kenyang di perut .

Sehingga , penderita kerusakan hati akan kehilangan nafsu makannya yang pada akhirnya berat badan terus menurun .

4. Sering ingin mual dan muntah

Ketika organ hati terganggu , tubuh akan menunjukkan gejala liver seperti mual dan muntah yang berulang .

Hal ini dikarenakan adanya penumpukan racun dalam tubuh terutama pada saluran pencernaan .

Nah , untuk menetralisir ini tubuh merangsang rasa mual hingga semua racun dimuntahkan . Apabila kamu sering merasakan muntah tanpa alasan , periksakan diri ke dokter secepatnya .

5. Terjadi perubahan warna urin dan feses

Penderita liver umumnya mengalami perubahan warna urin . Sebab , kadar bilirubin yang dihasilkan oleh organ ginjal tak dapat lagi disaring oleh hati .

Inilah yang membuat warna urin berubah menjadi lebih gelap dari biasanya . Selain itu , warna feses juga ikut berubah menjadi lebih kuning atau abu-abu .

6. Perut terasa kembung

Ketika kondisi liver semakin bertambah parah , perut akan terasa kembung dan nampak lebih mengembang .

Ini dikarenakan adanya penumpukan cairan hati di dalam perut . Kondisi seperti itu menandakan gejala liver yang berbahaya dan butuh penanganan tepat .

7. Kaki dan tangan menjadi bengkak

Tak hanya ada timbunan di perut , cairan yang diproduksi akan menjalar ke bagian tubuh lainnya seperti kaki dan tangan .

Itu merupakan ciri yang sering dialami oleh penderita liver . Bukan hanya bengkak tapi akan terasa lembek ketika disentuh .

8. Mudah lelah

Ketika liver sudah tak mampu lagi untuk mengolah serta membuang racun dalam tubuh , racun akan menjalar ke darah , jaringan otot dan organ lainnya .

Yang menjadikan metabolisme terhambat sehingga mengakibatkan perasaan lelah yang tak bisa dihilangkan meski sudah beristirahat .

9. Kulit lebih sensitif

Gejala liver yang terakhir adalah kulit lebih sensitif . Kulit penderitanya akan terasa gatal-gatal lalu memerah dan urat-urat nampak lebih menonjol .

Itulah 9 gejala liver yang perlu kamu ketahui sebagai langkah awal waspada dalam menghadapi gangguan yang terjadi pada organ hati .

Leave a comment